Cara Meningkatkan Traffic Penjualan Toko Online di Marketplace

 


Pandemi adalah masalah bagi setiap bisnis, sehingga cara meningkatkan traffic penjualan toko online di marketplace juga memerlukan strategi tersendiri. Belanja fisik menjadi semakin menantang seraya orang - orang disarankan untuk menghindari tempat - tempat yang ramai. Dalam keadaan seperti itu, banyak pemilik bisnis dan startup harus menyusun strategi untuk ekspansi dengan media pemasaran online. Akibatnya, statistik belanja online telah berkembang secara signifikan dalam dua tahun terakhir.  

Pertanyaan besar mereka saat ini adalah bagaimana menangani lonjakan pesanan online dan bagaimana cara efektif memproses pesanan produk serta mengirimkannya kepada pelanggan. Ini adalah kendala bagi UMKM dengan keterbatasan SDM yang dimiliki.

Untuk membantu Anda membawa bisnis eCommerce Anda ke tingkat berikutnya, berikut adalah tips penting bagi Anda:


Saatnya Menggunakan Iklan Berbayar 

Anda mungkin mempertimbangkan untuk menyisihkan sejumlah iklan berbayar dalam anggaran pemasaran Anda. Ini mungkin termasuk strategi seperti iklan berbayar (PPC) di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, atau Twitter. Iklan PPC juga akan membantu meningkatkan peringkat SEO Anda dari halaman hasil mesin pencari (SERP). Salah satu manfaat dari iklan berbayar adalah bahwa Anda hanya dikenakan biaya untuk iklan yang diklik. Selain itu, jenis iklan ini peringkat lebih tinggi di mesin pencari dibandingkan dengan iklan lainnya.


Optimasi Mesin Pencari (SEO) 

Ini adalah strategi pemasaran yang memerlukan optimalisasi iklan, konten situs web, dan blog Anda dengan kata kunci yang tepat yang mungkin digunakan pelanggan ketika mencari produk Anda. Dengan mengatakan itu, Anda harus brainstorming untuk mengembangkan kata-kata tersebut. Selain itu, Anda dapat menggunakan alat kata kunci seperti Google Console, Ahrefs, dan Ubbersuggest untuk penelitian kata kunci mendalam.  

Selain itu, pemasaran SEO mencakup backlink dan link eksternal pada konten web Anda. Untuk link outbound, link halaman web Anda ke situs web otoritas tinggi dengan konten yang relevan. Ketika datang ke link masuk, link halaman web Anda dengan konten yang sama. Optimasi SEO seperti iklan berbayar akan meningkatkan visibilitasmu di mesin pencari.


Retargeting Market Anda

Banyak usaha para pemasar diarahkan untuk menarik penonton baru. Meskipun ini bagus, Anda juga bertujuan untuk membawa kembali pelanggan yang telah mengunjungi toko online Anda. Menangkap kembali pelanggan yang telah meninggalkan gerobak mereka untuk mendorong mereka untuk menyelesaikan pembelian mereka. Misalkan seseorang tidak bisa melihat bagaimana mereka bisa membayar untuk barang-barang mereka setelah memilih mereka. Dalam kasus seperti itu, buatlah proses pembayaran sesederhana mungkin dan diversifikasi pilihan pembayaran online Anda.  


Manfaatkan Teknologi Berbasis AI

Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas dalam bisnis Anda adalah dengan mengambil keuntungan untuk mengotomatisasi tugas untuk pekerjaan yang berulang-ulang. Melalui ini, karyawan dapat fokus pada tugas-tugas lain sementara tugas-tugas lain diselesaikan oleh teknologi otomatisasi. Anda perlu menyadari bahwa otomatisasi menggunakan kecerdasan buatan (AI).  

Sebagai contoh, Anda dapat mengotomatisasi CS pelanggan Anda di situs eCommerce Anda dengan menginstal chatbot. Chatbot dapat mengurus kebutuhan klien Anda tanpa perlu campur tangan manusia. Jika pelanggan secara efektif dibantu untuk proses pembelian, itu akan mengurangi kegiatan karyawan. Akhirnya, Anda akan tingkat penjualan bisnis Anda.  


Selalu analisis data yang terkumpul sehingga cara meningkatkan traffic penjualan toko online di marketplace lebih efektif dan efisien. Mulai catat semua transaksi dan data pelanggan. Jangan takut investasi untuk teknologi, karena teknologi hadir untuk memudahkan bisnis kita. Tugas kita hanya memilih-milih teknologi mana yang akan digunakan, disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Komentar